5 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

cara menghapus aplikasi bawaan android

Jika Anda membeli HP tipe Android, terkadang banyak aplikasi bawaan yang tidak terlalu dibutuhkan dan sangat mengganggu. Jika pemilik hp mulai kesal dengan aplikasi bawaan hp yang sering menimbulkan error, maka anda bisa menghapusnya. Ada banyak cara untuk menghapus aplikasi bawaan yang bisa dilakukan untuk semua ponsel android.

Apalagi untuk hp terbaru yang banyak menyertakan aplikasi bawaan seperti Vivo, Xiaomi dan Oppo. Padahal aplikasi itu tidak terlalu penting bagi kami dan kami bahkan tidak menggunakannya sama sekali dalam waktu yang lama.

Menghapus aplikasi bawaan tanpa root tidak bisa diterapkan ke semua ponsel android. Itu karena, tidak semua ponsel android mengizinkan penggunanya untuk menghapus aplikasi bawaan karena berbagai alasan.

Namun bukan tidak mungkin masih bisa dilakukan, berikut ini cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root:

1. Copot Aplikasi

Untuk beberapa ponsel android sudah memungkinkan pengguna untuk menghapus aplikasi bawaan. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu melakukan root sebelum menghapus aplikasi bawaan android.

Uninstall saja aplikasi bawaan yang kamu rasa mengganggu dan sering membuat hp kamu error.

Buka fitur setting di hp android dan pilih menu apps untuk melihat semua aplikasi di hp android yang digunakan. Setelah itu pilih aplikasi default yang dimaksud dan ingin dihapus, klik checklist untuk membuka info aplikasi.

Ada opsi uninstall dan force stop, pilih uninstall untuk menghapus aplikasi default yang mengganggu atau tidak dibutuhkan.

2. Nonaktifkan Aplikasi

Jika aplikasi bawaan yang dimaksud tidak dapat di-uninstall, maka nonaktifkan aplikasi tersebut terlebih dahulu. Caranya sama, masuk ke fitur setting lalu pilih menu apps, lalu cari aplikasi bawaan yang akan dihapus.

Setelah menemukan aplikasi default yang dimaksud, klik check list di kotak, akan muncul App Info, di mana akan muncul opsi disable dan force stop.

Klik disable untuk menghapus aplikasi bawaan yang dimaksud, setelah diklik akan muncul peringatan agar tidak menonaktifkan aplikasi penting. Jika sudah yakin maka bisa klik OK untuk menonaktifkan aplikasi bawaan yang mengganggu tersebut.

3. Klik Paksa Berhenti

Untuk aplikasi yang tidak dapat di-disable atau di-disable, Anda bisa klik force stop. Biasanya aplikasi yang tidak bisa dinonaktifkan adalah aplikasi yang masih berjalan di latar belakang, dan harus dihentikan secara paksa. Setelah dipaksa berhenti aplikasi akan berhenti secara otomatis dan dapat dinonaktifkan.

4. Nonaktifkan Aplikasi Lagi

Setelah aplikasi berhasil dipaksa berhenti atau paksa berhenti aplikasi telah berhenti tetapi masih terpasang. Untuk itu, nonaktifkan lagi untuk meng-uninstall aplikasi bawaan yang dimaksud.

Caranya mudah dengan mengklik opsi disable pada info aplikasi yang muncul, lalu tekan OK jika sudah yakin ingin menghapus aplikasi bawaan yang dimaksud.

5. Aplikasi Telah Dihapus

Setelah melakukan 4 langkah di atas, cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa root telah selesai. Aplikasi bawaan yang dianggap mengganggu telah dihapus dari ponsel android pengguna sehingga tidak akan menimbulkan masalah lagi.

Pengguna juga dapat mengurangi beban memori ponsel Android mereka dan menggunakannya untuk hal lain.

Sebenarnya masih banyak cara untuk menghapus aplikasi bawaan android secara permanen yaitu dengan aplikasi penghapus dan cara terbaik adalah rooting. Namun memang terkadang rooting akan membersihkan aplikasi ponsel secara tuntas.

Nah itulah cara menghapus aplikasi bawaan hp android yang bisa dilakukan jika aplikasi bawaan mulai mengganggu. Dengan demikian ponsel android akan lebih ringan dengan jumlah aplikasi yang tidak terlalu banyak dan tidak memberatkan sistem. Ponsel tidak akan sering error lagi jika aplikasi bawaan yang mengganggu sudah dihapus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.